( 291 ) 772321
smkn1bangsri@yahoo.co.id
JL. KH. Achmad Fauzan No. 17 Bangsri Jepara
blog-img
20/06/2024

Memperingati hari Kartini SMKN 1 Bangsri Menyelenggarakan Berbagai Lomba Menarik

Tim Jurnalis Eskasaba | Kegiatan Sekolah

Hari Kartini merupakan salah satu hari besar nasional Indonesia yang diperingati setiap Tanggal 21 April di semua daerah terutama Daerah Jepara yang merupakan tempat kelahiran Ibu Raden Ajeng Kartini. RA Kartini merupakan pelopor dan salah satu tokoh yang menuntut kesetaraan wanita dalam belajar atau bersekolah. RA Kartini diakui sebagai tokoh emansipasi wanita, yang memperjuangkan kesetaraan peran wanita dan pria dalam kehidupan sehari-hari. SMK Negeri 1 Bangsri pada Senin, 22 April 2024 baru saja mengadakan event Kartini Days. Kegiatan diawali dengan upacara bendera dalam momentum peringatan hari kartini yaitu semua peserta menggunakan baju adat (kebaya). Namun karena keterbatasan, siswa laki-laki mengenakan baju batik.

Kegiatan peringatan hari kartini dibuka oleh Bapak Riyanto Dwi Utomo, selaku kepala sekolah. Kegiatan dilanjutkan dengan berbagai lomba yang akan diikuti oleh semua siswa dan guru SMKN 1 Bangsri. 
Lomba kategori Bapak dan Ibu guru serta karyawan meliputi 2  lomba yaitu membuat bucket jajan dan lomba menghias nasi tumpeng. Sedangkan untuk kategori lomba siswa siswa meliputi lomba paduan suara, pemilihan mas dan mbak eskasaba, serta lomba video kreatif. Kategori lomba yang sangat seru yaitu pemilihan Mas Mbak SMKN 1 Bangsri, dimana setiap kelas mengirimkan perwakilan 2 peserta yang harus melakukan make-up dan berkebaya dengan pengawasan dewan juri, kemudian melaksanakan catwalk dan orasi dengan durasi maksimal 2 menit dengan mengangkat tema ”Meneladani Semangat Ibu Kartini Meraih Mimpi”. Perlombaan kedua yaitu Paduan Suara antar kelas dengan lagu wajib yaitu lagu Mars Jepara. Pelaksanaan lomba video kreatif dilaksanakan dengan kriteria tertentu dan dilaksanakan secara daring. Seluruh siswa mengikuti kegiatan dengan antusias. 

 Dengan mengikuti teladan Kartini dalam keberanian, kecerdasan, dan semangat perubahan, kita bisa menciptakan masyarakat yang lebih inklusif dan adil bagi semua.



penulis:
Faiq Muhammad Saputra 
Alfira Dwi Khoirunnisa
DIVISI ARTIKEL
editor: bu Evi Rinawati, S.Pd

Bagikan Ke:

Populer