( 291 ) 772321
smkn1bangsri@yahoo.co.id
JL. KH. Achmad Fauzan No. 17 Bangsri Jepara
blog-img
21/11/2023

Latihan Dasar Jurnalistik Masa Bhakti 2023-2024

Muhammad Rifal Prasetyo | Kegiatan Sekolah

 

Ekstrakurikuler Jurnalistik merupakan ekstrakurikuler yang menyalurkan potensi para siswa untuk menorehkan karya berupa tulisan, lisan, dan komunikasi digital. Ekstrakurikuler ini mengasah kemampuan pada bidang menulis artikel, surat, bahasa, kamera, editing, mengolah informasi, pengembangan ide, dan kreatif.

 

Anwa Sanskara Jurnalistik SMKN 1 BANGSRI, mengadakan kegiatan wajib tahunan LDK (Latihan Dasar Kejurnalistikan) yang dilaksanakan pada Sabtu dan Minggu, 18-19 November 2023 bertempat pada sekolah SMKN 1 Bangsri. Dihadiri oleh Pembina Jurnalistik Bu Evi Rinawati, kakak-kakak alumni Jurnalistik, panitia, dan calon bakal anggota Jurnalistik.

Pada kegiatan LDK ini calon Anggota jurnalistik diberi materi-materi dari berbagai narasumber baik internal maupun eksternal, pengembangan keberanian dalam berkomunikasi, mengajukan pendapat, dan berkolaborasi.

 

Sebelumnya, adik-adik calon jurnalistik sudah diberi pemahaman dasar tentang Kejurnalistikan. mulai dari cara berbahasa, menulis artikel, penggunaan kamera, belajar editing, cara bersosial media, dan cara berfikir kreatif.

Tujuan utama kegiatan ini adalah peralihan calon bakal anggota jurnalistik menjadi aggota jurnalistik resmi. Selain itu juga sebagai penguatan terhadap materi-materi yang telah diajarkan.

 

Kegiatan dimulai dengan apel pagi. Dalam amanat singkat yang disampaikan, Bu Evi selaku pembina jurnalistik, beliau memberikan semangat dan selamat berproses menjadi anggota jurnalistik.

Kegiatan dilanjutkan dalam ruang kelas BDP. Pemberian materi disampaikan oleh narasumber dari luar yang sudah lama berkecimpung pada di dunia jurnalistik. Materi yang diajarkan dalam kegiatan LDK ini meliputi perkembangan jurnalistik, public speaking, digital design, dan konsep dasar design serta komunikasi menggunakan bahasa Inggris.

 

Dalam kegiatan LDK, peserta juga diajak bermain mini games untuk mencairkan suasana dan menjalin kekompakan, serta adanya pentas seni dari masing-masing peserta.


 

 

Puncak  kegiatan LDK adalah upacara pelantikan peserta LDK menjadi anggota jurnalistik dan Sertijab (Serah Terima Jabatan). Dalam upacara ini anggota jurnalistik sudah dinyatakan secara resmi menjadi anggota jurnalistik. Sertijab pergantian ketua dan wakil ketua dari Wahyu Ariel Aji Maulana dan Faiq Muhammad Saputra masa bhakti 2022/2023 dilanjutkan ke Muhammad Rifal Prasetyo dan Irfa Anninsauzzahra masa bhakti 2023/2024.

 

Dalam prosesi sertijab, setelah penandatangan SK, peserta LDK bersama-sama mengucapkan janji jurnalistik.

Selamat adik-adik jurnalistik. kalian sekarang menjadi keluarga besar jurnalistik dan selamat berkarya.

 

===============================

Muhammad Rifal Prasetyo

editor: Bu Evi Rinawati, S.Pd

 

================

Bagikan Ke:

Populer