( 291 ) 772321
smkn1bangsri@yahoo.co.id
JL. KH. Achmad Fauzan No. 17 Bangsri Jepara
blog-img
09/09/2023

Gelar Karya P5 SMK N 1 Bangsri

TIMSES ESKASABA | Kegiatan Sekolah

(31/8) Siswa-siswi SMK Negeri 1 Bangsri, pada hari Kamis, 31 Agustus 2023 mengadakan kegiatan Gelar Karya P5. Kegiatan tersebut sesuai dengan kurikulum baru, yaitu kurikulum merdeka mandiri yang melatih siswa-siswi agar kreatif, inovatif serta bersikap mandiri. Gelar Karya ini adalah puncak kegiatan pembelajaran Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, dan merupakan implementasi atas ide ide atau inovasi yang telah dikembangkan oleh peserta didik sesuai dengan kelompoknya masing-masing baik berupa olahan makanan, minuman, dan penampilan pentas seni dari berbagai provinsi yang ada di Indonesia. 

P5 di SMK Negeri 1 Bangsri mulai dilaksanakan pada tanggal 22 Agustus sampai 1 Sepetember 2023. Rencana kegiatan pertemuan pertama hingga terakhir telah ditentukan dan disepakati oleh fasilitator masing-masing kelas. Adapun rencana kegiatan tersebut diantaranya pengenalan P5, asesmen diagnostik non kognitif yang meliputi gaya belajar/kepribadian), penyampaian tema, pembagian kelompok, diskusi kebutuhan yang diperlukan, persiapan pentas dan bazar, hingga pembuatan laporan kegiatan.        

Kegiatan P5 kali ini mencakup dimensi kebhinekaan global dengan mengusung tema Bhinneka Tunggal Ika. Dengan tema ini, siswa siswa SMK N 1 Bangsri diharapkan memiliki karakter berkebhinekaan global yang merupakan tujuan utama dari profil pelajar pancasila sebagai upaya menumbuhkan rasa saling menghargai dan memungkinkan terbentuknya budaya baru yang positif dan tidak bertentangan dengan budaya luhur. Selain itu, dengan tema ini siswa-siswi diharapkan mampu melestarikan budaya-budaya Indonesia yang mulai tenggelam, tertelan budaya modern.

Peserta kegiatan Gelar Karya P5 adalah siswa-siswi kelas 10 dan 11. Kelas 12 yang masih mengikuti kegiatan belajar mengajar dengan kurikulum 2013 turut andil dalam kegiatan tersebut sebagai penonton dan penikmat kegiatan tersebut. Selain Guru, karyawan dan  siswa-siswi kelas 12, SMKN 1 Bangsri juga mengundang pengawas sekolah dan tamu undangan yang terdiri dari guru dan siswa dari sekolah lain di sekitar wilayah Kecamatan Bangsri. 

Gelar karya merupakan puncak acara P5 yang hanya dilaksanakan satu hari yaitu pada tanggal 31 Agustus 2023, mulai pukul 08.00 sampai dengan 15.00 WIB. Tempat pelaksanaan gelar karya yaitu di lapangan upacara SMK N 1 Bangsri. Kegiatan gelar karya diawali dengan sambutan ketua koordinator fasilitator P5 yaitu Bapak Ahmad Sobari, S.Pd., dilanjutkan dengan sambutan dari Bapak Riyanto Dwi Utomo, S.Kom selaku kepala sekolah. 

Dalam sambutannya, beliau mengucapkan terima kasih kepada seluruh tim yang telah bekerja keras sehingga gelar karya ini bisa terlaksana.. Sambutan berikutnya yaitu dari Bapak Harmanto, S.Pd., M.Pd., selaku pengawas sekolah SMK N 1 Bangsri. Beliau menyampaikan selamat kepada civitas akademika SMK N 1 Bangsri yang telah sukses menggelar acara ini. Beliau juga berharap smoga acara ini dapat terus dikembangkan agar nantinya bisa memberikan ruang pengembangan bakat dan minat  sesuai potensi masing-masing, serta menghasilkan lulusan yang berkualitas.  

Disela kegiatan gelar karya penampilan seni dari masing-masing kelas, pengunjung bisa mengunjungi bazar makanan dan minuman khas dari berbagai provinsi yang ada di Indonesia. "Makanannya enak-enak, untuk harapannya semoga dari kegiatan ini teman-teman tidak lupa akan makanan serta minuman tradisional kita dan tidak membiarkannya tergerus zaman," ungkap Riko, salah seorang peserta kegiatan.  

 

Profil Pelajar Pancasila: Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, Berkebinekaan Global, Bergotong-royong, Mandiri, Bernalar kritis, dan Kreatif. Kegiatan gelar karya P5 ini terdokumentasi secara lengkap di chanel youtube SMK N 1 Bangsri.  

 


by : Amalia Diva Afdholul Laili (12 OTKP 1)

Editor : Evi Rinawati

Bagikan Ke:

Populer