( 291 ) 772321
smkn1bangsri@yahoo.co.id
JL. KH. Achmad Fauzan No. 17 Bangsri Jepara
blog-img
23/07/2024

Bersatu Membangun Lingkungan Anti Kekerasan dan Perundungan: MPLS 2024 SMK Negeri 1 Bangsri

Tim Jurnalis Eskasaba | Kegiatan Sekolah

MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) SMK Negeri 1 Bangsri tahun ajaran 2024/2025 dilaksanakan pada tanggal 22-24 Juli 2024. Suasana sekolah sangat ramai dengan kehadiran para siswa baru yang penuh semangat dan antusias menyambut petualangan baru dalam menimba ilmu. Acara pembukaan MPLS diawali dengan sambutan oleh Bapak Riyanto Dwi Utomo selaku kepala sekolah, yang menekankan pentingnya beradaptasi dan semangat belajar. 


Upacara Bendera dan pembukaan MPLS 2024 Foto: Dok. Anwa Sanskara Jurnalistik

Penyematan Tanda Panitia dan Peserta: Dok. Anwa Sanskara Jurnalistik

Pembukaan MPLS secara resmi tahun ini ditandai dengan menerbangkan burung dara. Tradisi ini sarat makna dan memiliki nilai positif sebagai pengingat bagi para siswa untuk terus belajar, berkarya, dan mengejar cita-cita mereka setinggi langit.  

MPLS tahun ini mengusung tema "Bersatu Membangun Lingkungan Anti Kekerasan dan Perundungan”. Tema ini menekankan pentingnya kerjasama dan persatuan antar siswa, guru, dan staf sekolah untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman, dan bebas dari kekerasan dan perundungan.

 

Tujuan diadakannya MPLS ini adalah memperkenalkan siswa-siswi baru pada lingkungan sekolah yang baru mereka masuki. Memperkenalkan siswa-siswi pada seluruh komponen sekolah beserta aturan, norma, budaya, dan tata tertib yang berlaku di dalamnya. Dalam sambutannya, kepala sekolah berharap seluruh siswa bisa terus melangkah mewujudkan lembaran baru, yang dulu belum optimal menjadi lebih optmal, dan bisa lebih bersemangat dalam menyongsong tahun ajaran baru. Menorehkan berbagai prestasi yang akan membanggakan kita semua. Selain itu, kepala sekolah juga berharap penyelenggaraan MPLS harus dilakukan dengan menyenangkan, namun kedisiplinan tetap terjaga.

Kegiatan di Ruang Soekarno(TechnoPark): Dok. Anwa Sanskara Jurnalistik

Kegiatan di Ruang Hatta(Ruang BDP): Dok. Anwa Sanskara Jurnalistik

Selain bersenang-senang, MPLS juga diisi dengan kegiatan yang bermanfaat. Rundown kegiatan MPLS meliputi materi visi misi program sekolah, pengenalan warga sekolah, pengenalan sarana prasarana sekolah, pengenalan lingkungan, observasi lingkungan sekolah, pembiasaan 5S, menciptakan ruangan belajar yang inklusif, meeting group,dan diakhiri dengan apel sore. Ada juga sesi khusus untuk mengenalkan berbagai organisasi dan ekstrakurikuler yang ada di sekolah. Hal ini memberikan kesempatan bagi siswa baru untuk menemukan minat dan bakatnya.

MPLS 2024 diharapkan tidak hanya menjadi ajang perkenalan, tapi juga bisa menjadi awal yang baik untuk para siswa baru. Melalui kegiatan yang menyenangkan dan informatif, diharapkan para siswa baru bisa merasa nyaman dan semangat dalam meraih prestasi, serta menjadi generasi penerus bangsa yang gemilang.


Artikel by tim Anwa Sanskara Jurnalis Eskasaba

Bagikan Ke:

Populer