( 291 ) 772321
smkn1bangsri@yahoo.co.id
JL. KH. Achmad Fauzan No. 17 Bangsri Jepara
blog-img
05/12/2022

MEMBUDAYAKAN 5S DI LINGKUNGAN SMKN 1 BANGSRI

Mrs. Evi Rinawati | Agenda Sekolah

SMKN 1 Bangsri kembali menggalakan Budaya 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun) yang mulai diberlakukan sejak awal masuk sekolah setelah berakhirnya masa pandemi covid-19. Penggalakkan ini dilakukan setiap pagi saat siswa-siswi memasuki area sekolah, dengan berbaris rapi, siswa-siswi bersalaman dengan Bapak Ibu guru.  "Kegiatan ini sudah ada sejak lama, namun karena adanya pandemi dan diberlakukannya sistem pembelajaran daring, maka kegiatan ini ditiadakan," ungkap Ibu Hariyanti, selaku pembimbing konseling SMKN 1 Bangsri.

 

Progam penggalakan ini, mendapat dukungan penuh dari pihak sekolah, karena selain dapat meningkatkan kedisplinan siswa-siswi, juga sebagai sarana meningkatkan komunikasi antara guru dan siswa.

 

Tetapi terkadang terdapat siswa-siswi yang terlihat gelisah saat bersalaman dengan Bapak Ibu guru.  mengapa demikian? Karena mereka belum menerapkan tata tertib yang sudah ditetapkan oleh sekolah, seperti memakai make up yang terlalu tebal, kuku yang panjang, dan masih banyak lagi. Maka dari itu siswa-siswi SMKN 1 Bangsri diwajibkan untuk menaati seluruh peraturan yang ada, bukankah peraturan tersebut tidak mengganggu? Karena dimanapun dan kapanpun kita berada, pasti ada peraturan yang wajib kita taati, termasuk di lingkungan sekolah. Penggalakan ini dilaksanakan sebagai sarana untuk mewujudkan sekolah yang bukan hanya sebagai tempat menuntut ilmu semata, tetapi lebih dari itu adalah tempat membentuk karakter siswa-siswi agar bisa berpikir kritis dan bermoral baik.


By: Francisko yoga pradana, Muhamad hermawan taufiq, Putri NawangWulan, dan Silvia Dewi Anggreani (Kelas XII RPL 2)

Editor : Evi Rinawati dan Tim Jurnalis Eskasaba


 

Bagikan Ke:

Populer