( 291 ) 772321
smkn1bangsri@yahoo.co.id
JL. KH. Achmad Fauzan No. 17 Bangsri Jepara
blog-img
02/02/2022

KEGIATAN EKSTRA KURIKULER SMKN 1 BANGSRI MENGADAKAN PELATIHAN JURNALISTIK TINGKAT DASAR

Admin SMKN 1 Bangsri | Kegiatan Sekolah

Ekstra kurikuler jurnalistik SMKN 1 Bangsri mengadakan pelatihan jurnalistik tingkat dasar di aula SMKN 1 Bangsri, pada hari Minggu (26/12). Pelatihan tersebut diikuti oleh anggota ekstra kurikuler jurnalistik dari kelas 10 sampai kelas 12 serta perwakilan dari OSIS.

Pelatihan jurnalistik tingkat dasar ini bertema “Dengan Bahasa Kita Bisa” bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pelatihan kepada para siswa terkait materi dasar Jurnalistik yang tentumya diberikan oleh narasumber yang berpengalaman dalam bidang Jurnalistik.

Narasumber yang dihadirkan pada pelatihan tersebut yaitu Indria Mustika S.Pd, M.Pd, pimpinan redaksi Majalah RatuRaja yang diterbitkan oleh MGMP Tata Busana Provinsi Jawa Tengah. Indria Mustika menyampaikan materi tentang teknik menulis artikel. Selain menyampaiakan materi, Ibu Indria juga memberikan pertanyaan dan hadiah sebagai bentuk motivasi untuk para siswa.   Materi kedua adalah manajemen keredaksian yang disampaikan M. Rif’an S.Sos, S.Pd M.Pd. Rif’an menyampaikan materi konsep manajemen, struktur redaksi dan lain sebagainya tentang keredaksian.

Materi ketiga disampaikan M. Adib Rifai tentang cara menulis puisi. Adib menyampaikan tentang pengertian puisi, unsur-unsur puisi, majas pada puisi dan syarat dantips menulis puisi Pada akhir penjelasannya, Kak Adib meminta peserta untuk membuat satu puisi dan menempelkannya di Mading sekolah.

Materi terakhir disampaikan oleh Resvi Variska yang dikenal dengan Kak Riska Resvi yang menyampaikan tentang public speaking. Ia memberikan contoh, motivasi dan tips agar bisa berbicara ditempat umum tanpa tergagap-gagap. Selain itu Riska mengajak kita memainkan beberapa permainan yang disambut antusias semua peserta.

Pelatihan jurnalistik tingkat dasar di SMKN 1 Bangsri diakhiri dengan pemilihan ketua dan wakil ketua jurnalistik baru dan apel penutupan. Acara berakhir dengan lancar dan dilewati dengan penuh semangat oleh semua peserta.

 

Bagikan Ke:

Populer